.

Friday, July 4, 2014

Kendalikan harga, TPID Solo pantau 13 bahan kebutuhan pokok

MERDEKA.COM. Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional Solo, Kamis (3/7). Sebanyak 13 komoditi dipantau, di antaranya beras, daging ayam ras, daging sapi, minyak, gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, telur ayam ras, jeruk lokal dan terigu. Sidak yang melibatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Bank Indonesia (BI), dan Bulog tersebut menyasar ke Pasar Legi, Pasar Gede dan Pasar Jongke.

Menurut Pengarah TPID Solo, Ismet Inono sidak dilakukan untuk mengetahui perkembangan harga pokok selama memasuki bulan Ramadan dan menjelang Lebaran 2014. "Kami membagi 3 tim, agar pelaksanaan sidak dapat berjalan lancar dan lebih efisien. Ada yang ke Pasar Legi, Pasar Gede dan Pasar Jongke. Kemudian hasilnya dikumpulkan menjadi satu untuk mengetahui perkembangan harga bahan pokok secara keseluruhan," ujar Ismet.

Ismet menerangkan, dari 13 komiditi yang dilakukan pemantauan, sebagian besar mengalami penurunan harga. Seperti telur ayam, semula harganya Rp 17.500/ kg turun menjadi Rp17.000/ kg, cabai rawit dari Rp 6.000/ kg turun menjadi Rp5.900/ kg, daging ayam ras Rp 32.000/ kg turun menjadi Rp 28.000/ kg. Sementara untuk harga daging sapi masih relatif normal yakni di kisaran Rp85.000-110.000/ kg.

"Meski mengalami penurunan harga, kami akan terus melakukan pemantauan harga selama bulan Ramadan dan menjelang Lebaran," katanya.

Pemantauan harga, lanjut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Solo itu, juga untuk mengantisipasi adanya pedagang nakal yang menaikkan harga secara sepihak. Ismet mengatakan, penurunan harga bahan pokok disebabkan karena stok yang ada terpenuhi.

"Minggu ketiga kita akan lakukan pemantauan harga bahan pokok ke pasar tradisional. Biasanya kalau menjelang Lebaran banyak pedagang yang nakal dengan menaikkan harga. Sebelum itu terjadi kita terus lakukan pemantauan," ujarnya.

Topik hangat hari ini:
Lolos ke 16 besar, Meksiko hadapi Belanda
Ini 5 tablet jadul dengan bodi paling kekar
Brasil gilas Kamerun 4-1
Pemred Obor Rakyat: Yang beredar itu contoh, kami cuma tes pasar
Like us on Facebook | Follow us on Twitter | Follow us on Google+

Sumber: Merdeka.com

Selengkapnya

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►