.

Thursday, June 12, 2014

Polri Ambil Pelajaran dari Pertemuan Budi Gunawan dengan Trimedya

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertemuan antara Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) Komjen Pol Budi Gunawan dengan politisi PDI Perjuangan Trimedya Pandjaitan menjadi pelajaran bagi institusi kepolisian.

Suhu politik yang sedang memanas menjelang pencoblosan calon presiden pada 9 Juli 2014 mendatang institusi Polri dan TNI mendapat sorotan. Pertemuan biasa pun bisa dipolitisasi sehingga bisa melemahkan kepercayaan terhadap institusi penegak hukum khususnya Polri yang bisa melakukan mobilisasi massa.

"Saya kira dengan adanya sikap yang peka dari masyarakat dan media untuk mengamati feedback kepada Polri yang harus netral, saya kira memang kita harus mawas diri," ungkap Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Ronny Franky Sompie di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa 10/6/2014).

Dikatakan jenderal polisi bintang dua ini, surat edaran supaya anggota Polri netral dalam pelaksanaan Pilpres 2014 pun sudah dikirim kepada seluruh satuan wilayah Polda, Polres, hingga Polsek. Surat tersebut ditandatangan langsung Kapolri Jenderal Polisi Sutarman.

"Di sana (surat edaran) sudah sangat jelas bagaimana sikap Polri yang harus dilakukan. Seluruh anggota Polri dari Mabes sampai Polsek," katanya.

Selain melaksanakan tugas berkaitan dengan pengamanan Pemilu, anggota Polri tidak boleh bertemu dengan perangkat-perangkat atau tim pendukung masing-masing calon atau siapa saja yang bisa dikonotasikan negatif.

Ronny mengharakan media dan masyarakat terus memberikan umpan balik berupa pengawasan kepada Polri dan polri akan melakukan introspeksi ke dalam secara internal.

Secara umum anggota Polri hanya boleh melakukan kegiatan yang merupakan bagian dari tugas pengamanan dan tahapan-tahapan yang sekarang ini masuk tahapan berkampanye.

"Di luar tugas pengaman kita tidak boleh terlibat unsur yang menyelenggarakan kegiatan Pemilu. Kalau berkoordinasi dengan penyelenggara Pemilu itu bagian tugas kami. Tapi kalau bertemu masing-masing calon kecuali pengaman kita menghindari. Yang bisa bertemu pasangan calon adalah yang memiliki tugas pengamanan. Ini termasuk juga untuk satuan wilayah," ungkapnya.

Baca Juga:

Timses Prabowo-Hatta Melayat KH Idris Marzuki di Ponpes Lirboyo

Anies Baswedan: Jokowi Tunjukan Kualitasnya Sebagai Pembuat Kebijakan

Pakai Jas saat Debat, Jokowi Ingin Terlihat Aura Kepresidenannya


Selengkapnya

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►