.

Monday, June 23, 2014

Pilpres, 27 Ribu Akun Robot Muncul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam pilpres tahun ini, media sosial memiliki peran sebagai sarana untuk mendesain isu. Salah satu cara yang bisa dipakai adalah dengan memunculkan akun robot twitter atau buzzer.

Praktisi sosial media dari Indeks Digital, Jimmy Kabarel mengatakan berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh Indeks Digital, dalam sehari ada ribuan akun robot yang bermunculan di twitter.

"Pada tanggal 19 Juni 2014 ada 27.164 akun robot yang muncul. Sebelumnya, tanggal 18 Juni ada 23.629 akun yang terdeteksi," jelasnya dalam diskusi politik bertema "Perang Media Sosial" yang diadakan di Cikini, Sabtu (21/6).

Jimmi menjelaskan akun robot ini berfungsi untuk meretweet statemen dari akun asli. Akun robot inilah yang sering kali menciptakan trending topic di dunia maya.

Ia mengatakan keberadaan akun robot bisa memberikan efek yang luar biasa. Utamanya mempengaruhi opini dan pikiran masyarakat.

"Akun ini banyak dan memiliki kemampuan untuk membuat trending topic. Jadi kebayang kan bagaimana akun robot ini bisa mempengaruhi pikiran masyarakat," katanya.

Menurutnya, meski keberadaan akun robot terbilang sudah lama, tetapi perkembangannya sudah jauh lebih masif. Bayangkan, satu orang pemesan bisa memiliki ratusan akun robot.

Akibatnya, terjadi percampuran antara topik yang sebenarnya dan topik by design. Karena itu, saat ini trending topic di Twitter tak lagi bisa jadi acuan.

Janganlah kamu memberi makanan yang kamu sendiri tidak suka memakannya.((HR. Ahmad))

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►