.

Monday, June 9, 2014

Ini Syarat Beasiswa Mext Ke Jepang

Beasiswa Mext untuk menimba ilmu ke Jepang, mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, untuk bisa berangkat ke negeri Sakura tersebut. Beasiswa ini rencananya diberikan selama tiga tahun, pada periode Maret 2015 hingga Maret 2018.

Seperti yang diketahui jika pemerintah Jepang melalui Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains dan Teknologi (MEXT) memberikan beasiswa pelatihan bagi pelajar internasional. Ada tujuh program studi yang ditawarkan dalam program ini.

Program studi tersebut antara lain teknologi, kesehatan pribadi dan nutrisi, pendidikan dan kesejahteraan, bisnis, fesyen dan ekonomi, budaya dan pendidikan umum serta bidang lainnya. Lantas apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa Mext ini?

Pertama pelamar adalah warga negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Jepang yang lahir antara 2 April 1993 hingga 1 April 1998. Pelamar setidaknya harus menyelesaikan studi menengah 12 tahun, atau sesuai dengan standar pendidikan Jepang.

Selain itu pelamar juga diwajibkan untuk bersedia belajar bahasa Jepang dan memiliki visi belajar serta tiba di Jepang pada periode 1-7 April 2015. Bahasa Jepang ini wajib dipelajari karena dalam pendidikannya nanti, bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Jepang.

Nominal beasiswa yang ditawarkan cukup menggiyurkan. Biaya untuk tunjangan bulanan sebesar 117 ribu yen atau sekitar Rp13,4 juta (Rp114,9 per yen). Selain itu diberikan juga dana bulanan tambahan sekitar 2.000 hingga 3.000 yen (Rp230 ribu-Rp350 ribu). Ini akan diberikan kepada siswa yang mengambil studi atau riset di wilayah tertentu.

Biaya transportasi udara ke dan dari Jepang pun akan ditanggung, dengan pesawat kelas ekonomi. Selain itu biaya ujian masuk, matrikulasi dan SPP kuliah akan ditanggung pemerintah Jepang. Setelah lulus, pelamar juga memiliki kesempatan untuk diterima sebagai mahasiswa baru di perguruan tinggi Jepang.

Oleh karena itu mereka juga dapat memperpanjang beasiswanya, setelah lulus seleksi MEXT. Untuk itu scholars harus mempertahankan prestasi akademik mereka. Seleksi akan dilakukan dengan mempertimbangkan dokumen lamaran, wawancara dan ujian. Tenggat waktu pendaftaran untuk setiap negara berbeda-beda, alhasil bagi yang berminat silahkan menyimak situs resmi Kedutaan Besar Jepang atau MEXT Jepang untuk informasi lebih lanjut.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►