.

Sunday, June 22, 2014

Fitur Audio Mobil Terkini di Indonesia

WartaNews, Jakarta - Dulu, audio mobil hanya sebuah perangkat untuk mendengarkan lagu dari kaset dan siaran radio. Jika Anda masih ingat, head unit hanya bermodalkan tombol potensiometer untuk Anda mencari siaran radio kesayangan atau mengatur volume. Jangankan berpikir menonton, suara yang dihasilkan saja belum tentu bagus.

Namun teknologi mengubah banyak hal. Audio mobil tidak lagi sekadar sebagai media mendengarkan lagu. Kedatangan prosesor membuat audio mobil tumbuh pesat ke level yang tak terbayangkan.

Fiturnya tak lagi berkutat untuk mendengarkan lagu saja. Selain meningkatkan tampilan, fitur itu dapat mempermudah pengguna dalam operasi dan mengakses beragam kemampuan head unit. Kami kumpulkan 11 fitur audio terkini yang paling bermanfaat bagi pengguna.
Monitor Touchscreen
Aplikasi monitor layar sentuh mengubah banyak hal di audio mobil. Menggunakan monitor 2-DIN, fitur ini memberi kemudahan mengakses beragam menu yang tersedia.

Tampilan antar muka head unit pun dapat dibuat lebih menarik dan interaktif. Tidak banyak tombol membuat wajah head unit terlihat rapi dan modern.

Head unit dengan monitor layar sentuh adalah basis pengembangan sistem audio modern. Beragam menu yang dijejalkan membuat head unit layaknya sebuah komputer. Tidak melulu fungsi audio, bahkan memutar film, menampilkan peta navigasi, dan berselancar via jaringan internet dapat dilakukan.

Setting Audio
Dulu, butuh beberapa tambahan perangkat untuk mengatur kualitas suara yang dihasilkan. Selain makan tempat, juga ada tambahan biaya. Sekarang, sebuah head unit sudah menyediakan beragam pengaturan yang dapat dilakukan real time. Seperti equalizer, amplifier, dan time alignment. Otak berupa prosesor membuat semuanya mungkin.

Peta Digital dan Navigasi
GPS (Global Positioning System) adalah sebuah peta digital yang dapat membantu Anda untuk mencari lokasi. Bila dilengkapi fitur navigasi, tentu perjalanan Anda menjadi lebih nyaman. Awalnya masih berupa perangkat yang terpisah dari head unit. Namun, dengan kian canggihnya inovasi, memungkinkan fungsi perangkat GPS masuk ke dalam head unit.

Televisi
Berkah dari penggunaan head unit dengan monitor 2 DIN membuat sistem audio mobil dapat difungsikan sebagai media menonton televisi.

Teknologi monitor sendiri terus berkembang dengan menggunakan material LED yang memiliki kualitas gambar bagus dan hemat daya. Dipadu touchscreen, menonton film dalam keping DVD lebih asyik dan dapat dinikmati seluruh penumpang.

Kamera Mundur
Saat parkir mundur, lupakan spion dan tengoklah monitor audio yang ada di tengah dasbor. Dari sana Anda akan mendapatkan visual kondisi belakang mobil. Fitur ini sangat membantu, apalagi dengan tambahan garis pandu.

Bahkan, di beberapa mobil juga dapat menampilkan visual dari kamera di samping atau depan mobil. Bahkan pada Honda Odyssey terbaru, Anda bisa parkir otomatis cukup dengan menekan tombol di monitor yang memberikan visual area parkir.

Konektivitas
Kemudahan merupakan jargon dari perkembangan teknologi audio saat ini. Termasuk pada sistem audio mobil. Media tradisional seperti kaset sudah ditinggalkan. Gantinya adalah koneksi USB yang praktis. Cukup colok flashdisk atau media player pada hub-nya, maka ribuan lagu dapat Anda dengarkan.

Penggunaan hub USB juga membuat audio mobil dapat terkoneksi dengan gadget termasuk smartphone. Tak hanya itu, koneksi nirkabel berupa Bluetooth juga membuat audio mobil juga dapat tersambung dengan gadget. Fungsinya pun diperluas hingga bisa telepon.

Telepon
Atas dasar keselamatan berkendara, beberapa produsen mobil memasukkan fitur telepon ke dalam sistem audio mobilnya. Bermodalkan koneksi Bluetooth, Anda dapat menerima atau melakukan panggilan telepon tanpa perlu sibuk melihat handphone. Speaker mobil dijadikan media untuk mendengarkan suara.

Voice Command
Sama dengan telepon. Atas dasar keselamatan berkendara dikembangkan fitur voice command. Cukup dengan menyebut menu yang diinginkan, sistem audio mobil akan mengeksekusi. Anda tidak perlu menekan tombol atau mengalihkan perhatian dari jalan.

Internet
Koneksi tanpa batas dapat Anda akses via audio mobil. Terdapat dua sistem. Yang pertama mandiri bermodalkan slot SIM card di head unit untuk jaringan data. Yang kedua bergantung pada jaringan data dari perangkat lain seperti smartphone. Mobile Wi-Fi dalam head unit akan menangkap sinyal dari smartphone yang melakukan tethering.

Operation System
Keberadaan prosesor membuat tingkat kepintaran head unit melonjak drastis. Tak heran jika saat ini beberapa audio mobil sudah memiliki operation system atau OS.

OS paling umum adalah Android mengingat ekosistemnya yang terbuka sehingga bisa dikembangkan oleh siapapun. Seperti memindahkan konten gadget ke audio mobil, beragam aplikasi pun dapat Anda manfaatkan.

Hard Disk Drive

Semakin canggih sistem audio mobil pasti membutuhkan media penyimpan digital (Hard Disk Drive/HDD) yang besar. Baik untuk menyimpan operation system jika ada, software atau aplikasi, hingga fungsi tradisional untuk menyimpan file lagu atau film. Ibarat komputer berjalan, kemampuan audio mobil semakin tidak terbatas. (*/vik)

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►