.

Thursday, June 12, 2014

Belajar Pengamanan Pejabat, Delegasi Tiongkok Temui Komandan Paspampres

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Komandan Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden) Mayjen TNI Doni Monardo didampingi Wakil Komandan Paspampres Brigjen TNI (Mar) Guntur Irianto Cipto Lelono menerima kunjungan Delegasi Tiongkok yang dipimpin oleh Mayjen Liu Laiyun, di Mako Paspampres Jl. Tanah Abang Jakarta Pusat, Selasa (10/6/2014).

Kunjungan Mayjen Liu Laiyun beserta delapan stafnya, dalam rangka ingin mengetahui serta menerima penjelasan terkait pengamanan pejabat tinggi negara sebagaimana yang telah dilaksanakan oleh personel Paspampres pada KTT Asean di Bali pada tahun 2013 lalu, khususnya untuk persiapan KTT Asean yang akan dilaksanakan di Beijing China.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Asisten Operasi (Waasops) Paspampres Letkol Inf Prabowo Setiaji menjelaskan bahwa, pasukan pengamanan Presiden adalah satuan yang berada dibawah langsung Panglima TNI dimana pengamanan Paspampres dalam melaksanakan tugasnya bertanggungjawab kepada Panglima TNI.

"Pasukan pengamanan Presiden diberikan tugas dan tanggung jawab dari Panglima TNI untuk melaksanakan pengamanan fisik langsung, jarak dekat setiap saat kepada Presiden dan Wakil Presiden, mantan Presiden dan mantan Wakil Presiden beserta keluarganya serta tugas protokoler kenegaraan serta melaksanakan tugas pokok TNI," kata Waasops Paspampres.

Dirinye menyebutkan, Paspampres juga memiliki prosedur kerja yang mungkin dalam pelaksanaan kerja berbeda dengan negara Tiongkok.

"Pasukan pengamanan Presiden dibagi menjadi tiga ring yaitu ring satu, dua dan tiga," katanya.

Untuk ring satu, Paspampres memiliki tugas dan tanggung jawab mengamankan Presiden langsung dibawah Komandan Paspampres. Sedangkan Ring 2 bertugas untuk mengamankan wilayah yang membawahi Satgas Laut, Satgas Daerah, dan Satgas Wilayah Udara. Sementara itu, untuk Ring 3 melaksanakan tugas dengan satgas tersebut dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI.

"Paspampres dalam melaksanakan tugasnya juga meningkatkan kemampuan untuk meningkatkan profesionalisme diantaranya kesamaptaan, sehingga mendapat penilaian yang baik," kata Waasops Paspampres.

Selain itu, Waasops Paspampres juga menjelaskan tentang alat peralatan Paspampres antara lain rompi anti peluru, satu set airphon, teropong malam, dan blangket bomb. Sedangkan pakaian disesuaikan dengan kegiatan VVIP seperti Pakaian Sipil Lengkap (PSL), Batik, Olahraga dan Pakaian Dinas Harian Sipil (PDHS).

Baca Juga:

Belajar Pengamanan Pejabat, Delegasi Tiongkok Temui Komandan Paspampres

Afgan Sembunyikan Gadis Incarannya Karena Takut Gagal

Julia Perez Dukung Brasil di Piala Dunia 2014


Selengkapnya

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►