.

Monday, June 9, 2014

Awas! Cahaya Ponsel Bikin Gemuk

Manusia seringkali tanpa sadar menghabiskan waktunya berjam-jam menggunakan atau bermain dengan smartphone kesayangannya. Di era zaman teknologi canggih seperti saat ini, kebiasaan menggunakan ponsel sepanjang waktu memang tak mudah dihilangkan. Berbagai fitur dan kecanggihan yang ditawarkan oleh satu perangkat mini ini memiliki daya tarik tersendiri untuk manusia berlama-lama menggunakannya.

Tetapi terlalu berlebihan menggunakan perangkat teknologi dapat menurunkan kualitas hidup dan kesehatan manusia, sudah banyak penelitian yang mengungkapkan hal ini. Dikutip dari merdeka.com (Sabtu, 7/6/2014), cahaya ponsel ternyata dapat membuat seseorang menjadi lebih cepat gemuk.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Northwestern University di Chicago, Amerika Serikat. Para peneliti menemukan bahwa cahaya biru yang terdapat dalam ponsel dapat menaikan berat badan seseorang secara drastis bahkan sampai bisa mengakibatkan obesitas.

Dengan melibatkan 10 orang dewasa sehat yang dibagi ke dalam 2 kelompok penelitian tersebut pun dilakukan. Kelompok pertama diminta untuk mengurangi kebiasaan mereka dalam menggunakan ponsel atau gadget, sementara kelompok lainnya diizinkan menggunakan ponsel sebebas yang mereka inginkan.

Hasilnya terbukti, orang yang berada di dalam kelompok kedua mengalami keinginan nasfu makan yang signifikan. “Cahaya biru yang ada di ponsel ternyata mampu mempengaruhi produksi hormon melatonin Anda ketika tidur. Cahaya ini dapat mengurangi tingkat produksi hormon ini. Akibatnya, sistem metabolisme Anda menjadi kacau dan pola tidur pun akan terganggu. Jika kedua hal ini mengalami gangguan, maka secara alami akan timbul kenaikan nafsu makan,” kata Ivy Cheung, salah seorang peneliti.

Dengan adanya penemuan yang bermanfaat ini, diharapkan agar seseorang bisa mengurangi kebiasaannya menggunakan smartphone atau gadget lainnya, karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Gunakanlah seperlunya dan jangan berlebihan agar kualitas hidup Anda selalu terjaga. (dea)

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►