.

Sunday, June 22, 2014

5 Ancaman Terbesar Bagi Kehidupan Manusia

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun sangatlah cepat. Teknologi ada untuk mengimbangi kebutuhan dan keinginan manusia yang semakin beragam. Lebih jauh lagi, teknologi dapat dikatakan sebagai jawaban manusia dalam rangka mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Akan tetapi cukupkah teknologi mengatasi permasalahan kehidupan yang semakin kompleks, sebagai contoh saja, manusia masih sering tidak berdaya ketika bencana alam melanda. Teknologi pun masih belum cukup memadai untuk "mengatasi" bencana alam. Selain bencana alam, 5 hal berikut bisa jadi adalah ancaman bangsa manusia di masa mendatang.

1. Perang Nuklir
Secara fakta, tidak ada perang yang benar-benar baik. Korban jiwa berjatuhan demi memperebutkan satu hal, kemenangan. Setelah Perang Dunia I & II, bukan tidak mungkin muncul Perang Dunia III di masa mendatang. Terlebih, dengan banyaknya negara yang mulai memgembangkan teknologi berbasis nuklir, perang antar negara selanjutnya bisa jadi bukan hanya perang biasa dengan senjata konvensional, melainkan perang nuklir berskala global. Semua orang sudah tahu bagaimana efek bom nuklir kini dan masa mendatang. Efek berkepanjangan dari nuklir-lah yang dapat menghancurkan umat manusia.

2. Bahaya Bio-Engineering
Virus sebuah penyakit berada dalam titik paling membahayakan saat virus tersebut pertama kali muncul. Namun seiring waktu berjalan, vaksin atau anti-virus akan dikembangkan oleh para ilmuwan untuk menangkanl virus tersebut. Dengan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang, ilmuwan bukan hanya dapat membuat penawar suatu virus, namun juga dapat membuat virus tertentu menjadi semakin berbahaya. Hasil dari pengembangan virus sering digunakan dalam senjata bio. Sedangkan penggunaan senjata bio sendiri dianggap sebagai kejahatan perang oleh dunia. Meskipun begitu, bukan berarti senjata bio tidak akan terpakai. Konflik besar yang berpotensi muncul di masa mendatang dapat memicu suatu kelompok atau bahkan negara untuk memanfaatkan senjata bio tersebut.

3. Kecerdasan Super
Pasti sudah sering Anda lihat di film tentang robot yang menjadi semakin cerdas dan akhirya menentang balik manusia sebagai penciptanya. Kejadian tersebut bukan tidak mungkin untuk terjadi. Robot yang dibuat dari waktu ke waktu selalu dilengkapi dengan piranti lunak yang disempurnakan juga. Mulai dari yang dapat mengenali suara, gerakan, dan bahkan emosi manusia. Dengan perkembangan software yang cepat, bukan tidak mungkin robot dengan ingatan dan perasaan buatan akan tercipta. Jika akhirnya robot-robot ini mulai merasa muak dengan manusia, bisa saja mereka melakukan pemberontakan dan berbalik memperbudak manusia.

4. Teknologi Nano
Teknologi nano adalah sebuah teknologi yang memungkinkan manusia untuk mengontrol suatu benda atau zat pada level molekul terkecil benda tersebut. Apabila teknologi sudah ditemukan dan disempurnakan, kemungkinan akan bentuk dan efek suatu senjata akan menjadi semakin luas, seperti sekumpulan serangga nano yang dapat menghancurkan benda padat dalam hitungan menit bahkan detik. Yang menjadi masalah adalah siapa yang berhasil menemukannya terlebih dahulu akan memiliki keuntungan lebih besar atas pihak lainnya.

5. Hal yang Masih Belum Diketahui
Keempat ancaman potensial di atas adalah hal-hal yang dapat diperkirakan dan mungkin ditangkal. Masih banyak faktor lain yang belum manusia ketahui yang ada di depan. Seperti munculnya kumpulan monster ganas yang saat ini masih bersembunyi, wabah penyakit mematikan yang menyebar dengan cepat, atau bahkan hujan meteor yang luput dari perkiraan manusia. Perkiraan manusia menggunakan teknologi tercanggih pun tidak akan selalu akurat untuk memprediksi hal-hal di planet yang masih banyak menyimpan misteri ini.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►