.

Monday, January 21, 2013

Mengetahui lebih dekat lubang hitam luar angkasa

Mengetahui lebih dekat lubang hitam luar angkasa
Mengetahui lebih dekat lubang hitam luar angkasa 

Mengetahui lebih dekat lubang hitam luar angkasa 

Lubang hitam yaitu sesuatu pemusatan massa yang cukup besar hingga membuahkan style gravitasi yang amat besar. Style gravitasi yang amat besar ini menghindar apapun lolos darinya jika melewati tingkah laku terowongan kuantum. Medan gravitasi demikian kuat hingga kecepatan terlepas di dekatnya mendekati kecepatan sinar. Tidak ada suatu hal, terhitung radiasi elektromagnetik yang bisa lolos dari gravitasinya, apalagi sinar cuma bisa masuk namun tidak bisa keluar atau melewatinya, dari sini didapatkan kata hitam. Arti lubang hitam sudah tersebar luas, walau ia tidak menunjuk ke sesuatu lubang didalam makna biasa, namun adalah sesuatu lokasi di angkasa dimana seluruh tidak bisa kembali. Dengan teoritis, lubang hitam bisa memliki ukuran apapun, dari mikroskopik hingga ke ukuran alam raya yang bisa dilihat. 

Mengetahui lebih dekat lubang hitam luar angkasa 

Ilmuwan sejak lama meneliti lubang hitam di luar angkasa. Objek ini tetap jadi misteri, lantaran kemampuan gravitasinya yang amat besar, sampai sinar lalu tidak bisa melarikan diri dari lubang hitam luar angkasa.  Ditulis space, minggu ( 20/1/2013 ), saat material terkompresi melampui kepadatan spesifik, sesuatu lubang hitam bisa tercipta. Dimaksud lubang hitam, karena tak ada sinar yang bisa melepas diri darinya. 

Konon, sinar tersebut dapat masuk ke lubang hitam, namun ia tidak bisa keluar atau melewatinya. Sebagian lubang hitam luar angkasa juga dikatakan sebagai batu nisan dari bintang masif.  Sesuatu lubang hitam yang amat besar diperkirakan bersembunyi di pusat galaksi bima sakti. Seluruh massa lubang hitam terkonsentrasi pada titik di pusatnya, yang diberi nama singularitas. 

Gravitasi di lebih kurang singularitas ini demikian kuat. Benda luar angkasa mesti bisa lakukan perjalanan lebih cepat dari sinar untuk dapat melarikan diri dari hisapan gravitasi lubang hitam.  Perihal ini dapat menciptakan zona berupa bola yang melingkari singularitas tersebut, yang dimaksud momen cakrawala, dimana tak ada objek luar angkasa manapun yang bisa lolos dari lubang hitam. 

Dengan teori, lubang hitam bisa nampak dengan berbagai macam ukuran. Sesuatu lubang hitam dengan massa matahari mempunyai diameter 3, 7 mil ( 6 km. ).  Ilmuwan menyebutkan, kematian sesuatu bintang layaknya matahari kurang mengompresi material untuk membentuk lubang hitam. Bintang dengan sekira 2 x lipat massa matahari atau lebih, baru dapat membentuk lubang hitam.


0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►